PENGERTIAN INTERNET

Secara mendasar, internet memiliki 2 macam pengertian, yaitu :

  • Teknologi yang terbentuk berbasis TCP/IP berserta standar-standar yang umum digunakan.
  • Jaringan komputer global yang menghubungkan jutaan komputer di dunia melalui jaringan komputer lokal sehingga memungkinkan pertukaran informasi antar pemakainya.

Internet dapat terbentuk bila beberapa komputer pada satu atau lain lokasi geografis dihubungkan untuk memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer.

SEJARAH INTERNET

Jaringan komputer mulai berkembang sejak tahun 1969 dengan dilakukannya riset oleh DARPA (Defense Advance Research Project Agency), sebuah badan di bawah Departemen Pertahanan Amerika (ARPA) untuk mengembangkan jaringan komunikasi antar komputer dan pada tahun 1972 hasilnya telah didemonstrasikan berupa hubungan 40 buah komputer. Sekitar awal tahun 1980, ARPA terpecah menjadi dua yaitu ARPANET dan MILNET. Pada tahun 1986 terbentuk National Science Foundation Network (NSFNET) yang mengawali terbentuknya jaringan internet seperti sekarang ini.Titik terpenting dalam perkembangan internet ini terjadi pada tahun 1991 ketika NSF menghentikan pendanaan internet (NSFNET) dan mengijinkan lalu lintas komersial pada jaringan backbone miliknya. Sejak saat itulah teknologi internet terus berkembang hingga sekarang.

Perkembangan Internet

Hal – hal yang menyebabkan internet dapat berkembang dengan pesat :

  • Teknologi internet relatif cukup murah (terutama di luar negeri).
  • Fleksibel, dalam arti para pengguna dapat memodifikasi protokol dan aplikasi yang ada untuk memenuhi kebutuhannya (misal : SMS, WAP, VOIP, dsb).
  • Penggunaan protokol TCP/IP memungkinkan adanya sistem komunikasi yang independen terhadap perangkat keras ataupun perangkat keras jaringan tertentu.
  • Sebuah fasilitas lain dari protokol TCP/IP, yaitu pengalamatan perangkat keras jaringan memungkinkan pengidentifikasian secara unik device yang ada.
  • Respon waktu pertukaran data yang terjadi sanagt dapat ditolerir (cepat).

Pada dasarnya, tujuan pembentukan jaringan komputer adalah supaya dua komputer atau lebih bisa berhubungan dan bila sudah bisa berkomunikasi dapat digunakan sesuai keinginan manusia.

Catatan ; untuk lebih jelasnya mengenai sejarah internet ini bisa anda cari pada modul jaringan.

APLIKASI INTERNET & JARINGAN

  • Resources Sharing (Sharing File, Device, Data)
  • Komunikasi  dan informasi (E-Mail, Mailing Lists, Chat, Web, FTP, dsb)

1. Resource Sharing

  • Sharing File (Data, Program) : Suatu data yang kita punya bisa dibaca atau diakses oleh user(pengguna komputer) lain yang telah terhubung melalui jaringan (Network).
  • Sharing Device (CD-Drive, Harddisk, Printer) : Penggunaan suatu device bersama agar dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja.

2. Komunikasi dan informasi

  • E-Mail (Electronic Mail)

E-Mail merupakan metode pengiriman dokumen atau file melalui jaringan internet.

sampek disini dulu ya bteman capek ne .. kaloa da koment , koment ajah ya